Friday, April 26, 2013

Resume : Perilaku produsen


Produsen adalah kegiatan pengaturan produksi sehingga produk yang dihasilkan bermutu tinggi sehingga bisa di terima di masyarakat dan menghasilkan laba. Produsen mempunyai masalah pokok yaitu bagaimana bagaimana sumber daya terbatas mencapai hasil yang optimal atau keuntungan yang besar. Setiap produsen pasti memikirkan laba yang didapat harus seimbang dengan hasil kerja keras nya. Walaupun demikian tetap saja harga yang ditawarkan tidak boleh terlalu tinggi agar banyak pelanggan dan produk yang dipasarkan akan laris manis.

Faktor-faktor produksi meliputi :
1.    alam
seorang produsen harus melihat kekayaan alam apa yang bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk diproduksi.
2.   modal
setiap produsen pasti membutuhkan modal untuk mendirikan suatu usaha atau apapun agar usaha nya pun dapat berjalan cepat dan menambah kemampuan produksi.
3.   Keahlian
Suatu produksi pasti membutuhkan keahlian tersendiri agar usaha nya pun dalam berjalan maksimal. Keahlian yang dimiliki harus sesuai dengan usaha yang ada
4.   Tenaga kerja
orang yang menjalani suatu usaha atau bisnis yang dicari oleh pemilik atau produsen untuk mengelolah atau membantu suatau produksi nya.

Macam-macam sifat produksi yang dapat dipilih produsen:
1) Produksi satuan
2) Produksi masa
3) Produksi seri
4) Produksi pesanan

perilaku produsen yang merugikan masyarakat dan yang mengutamakan kepentingan masyarakat

Indonesia adalah Negara yang kaya dengan berbagai jenis pertanian nya. Salah satu nya adalah tahu yang merupakan makanan asli Indonesia. Harganya yang relative tinggi dan vitamin yang dikandung nya pun membuat makanan ini dicari oleh semua kalangan. Namun hal ini yang dimanfaatkan oleh produsen yang kurang bertanggung jawab membuat kecurangan. Karena harga kacang kedelai yang tinggi maka produsen tersebut membuat tahu dan mencampurnya dengan formalin untuk membuatnya kenyal, tahan lama dan mengurangi biaya produksi. Dan pada akhirnya masyarakatlah (konsumen) yang harus pintar pintar memilih tahu ataupun barang yang akan di konsumsi.




No comments:

Post a Comment

About me

My photo
gak boleh bilang enggak bisa dan enggak boleh bilang nyerah :)