1. Aplikasi
ini berbasiskan client server, dimana sebagai servernya
adalah berupa web yang dikelola oleh administrator dan diunggah pada sebuah webhosting. Sedangkan untuk sisi
client merupakan user yang terdiri dari karyawan
Konsuil Bogor dengan aplikasi absensi mobile yang berjalan pada platform android. Webserver merupakan
tempat untuk menyimpan data absensi karyawan
yang diinputkan melalui aplikasi mobile android.
2. Pada
aplikasi ini, user harus melakukan validasi keberadaan posisi karyawan untuk bisa melakukan absensi. Data absensi
karyawan masuk ke webserver yang dikelola oleh
admin yang bertugas untuk memvalidasi kembali absensi yang telah diinputkan oleh user/karyawan. Webadmin dapat
mengelola seluruh data absensi karyawan.
3. Data
absensi karyawan yang dikirim melalui telepon genggam akan diakses oleh sinyal (GPS) dan Google Maps untuk di
identifisikan keberadaan / posisi karyawan. Dalam
hal ini penentuan posisi karyawan yang diakui keberadaanya di batasi oleh area akses yang ditentukan oleh titik
pusat lokasi kantor.
4. Penentuan
titik pusat lokasi kantor, berawal dari koordinat lokasi kantor terdiri atas Latitude dan Longitude, koordinat ini
diambil dari google masps. Berikut di bawah ini
merupakan lokasi keberadaan lokasi kantor Konsuil area Bogor.
5. Sinyal
kehadiran karyawan yang dibaca oleh GPS, akan diolah oleh aplikasi dengan bentuk tanggapan penerimaan yang
diberikan adalah ”anda berada di area kantor” untuk
sinyal yang berada di dalam batasan area dan tanggapan penolakan yang diberikan adalah “anda tidak berada di
area kantor” untuk sinyal yang berada di luar batasan
area. Untuk validasi kehadiran karyawan maka Manager/Kepala Bagian diberi hak akses penuh untuk melakukan
verifikasi data, pada aplikasi disediakan tombol
x delete untuk karyawan yang tidak hadir di kantor.
·
Screen
shoot tampilan awal
·
Screen
shoot website
Website
ini digunakan sebagai
pusat pengolahan data absensi karyawan.
No comments:
Post a Comment